Selamat datang di situs resmi Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta
22-03-2019

JMS di SMA Negeri 82 Jakarta



Jaksa Masuk Sekolah (JMS) merupakan kegiatan Penyuluhan Hukum terhadap anak-anak usia sekolah mulai dari bangku SD hingga SMA. Tujuannya untuk menanamkan pemahaman tentang hukum sejak dini sehingga tercipta generasi sadar hukum. Setelah diberikan edukasi melalui JMS, genersi muda diharapkan memiliki pemahaman, kesadaran dalam melaksanakan hak, kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga Negara yang taat hukum.
 
Jaksa Masuk Sekolah (JMS) dilaksanakan di SMA Negeri 82 Jakarta, Jl. Daha No. 15A, Selong, Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada tanggal 22 Maret 2019 dan diikuti oleh 100 peserta. Tiga narasumber dalam kegiatan tersebut adalah M. NIRWAN NAWAWI, SH., MH (Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta), Dr. CAREL WILLIAMS, M, SH., MH (Kepala Seksi A pada Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta) serta HARRY ROYON POLTAK SH. (Kasubsi Hubungan Masyarakat pada Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta). Tema yang disampaikan adalah Pencegahan Terjadinya Tindak Pidana Pada Anak di DKI Jakarta seperti UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, Persekusi, Hoak, Bullying, terkait Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) serta Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

                   Pelaksanaankegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) kian lekat dihati masyarakat. Bila di masa-masa awal “kelahiran” JMS para jaksa harus mencari sekolah yang bersedia dikunjungi, tetapi setelah dikenal masyarakat, malah banyak sekolah yang mengajukan diri untuk didatangi.Meningkatnya permintaan masyarakat untuk melakukan kegiatan penyuluhan hukum dengan menjadikan Jaksa sebagai narasumber dalam upaya mengembangkan budaya hukum di semua lapisan masyarakat untuk menciptakan masyarakat sadar hukum.